Beragam Cara Mengatasi Penyakit Prostat

Beragam Cara Mengatasi Penyakit ProstatProstat adalah kelenjar yang berada di bagian dalam tubuh, ukurannya sebesar kemiri dengan berat normal sekitar 20 gram yang terletak di antara bagian dasar kandung kemih. Prostat adalah sebuah kelenjar yang bertugas mengatur peredaran air seni dan air mani. Pada laki-laki yang sudah dalam usia lanjut, kelenjar ini sering membesar dan menghambat pengeluaran air seni.


  1. Aliran air seni yang keluar lemah, tidak memancar bahkan hanya menetes saja.
  2. Air seni tidak keluar dengan lancar, bisa tiba-tiba berhenti ataupu keluar lagi.
  3. Air seni masih ada yang menetes setelah merasa selesai buang air kecil.
  4. Susah membuang air seni, padahal sudah kebelet.
  5. Sering merasakan ingin buang air kecil terus.
  6. Sering buang air kecil di malam hari.



1. Banyak Konsumsi Sayur dan Buah

Bagi Anda yang ingin mengatasi penyakit prostat secara alami, maka mengkonsumsi buah-buahan dan sayur merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan.

Tomat merupakan salah satu rekomendasi buah yang dapat digunakan sebagai solusi alami mengobati prostat. Kandungan lycopene dalam buah tomat terbukti memiliki khasiat untuk mencegah penyakit prostat serta mengecilkan ukuran prostat yang telah menyerang penderita.

Selain itu, buah-buahan lain yang juga menjadi salah satu pengobatan alami untuk menyembuhkan penyakit prostat adalah delima, melon, apel, semangka, buah berri, dengan kandungan fruktosa yang tinggi. 

Untuk sayur-sayuran, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi brokoli, kembang kol, dan kubis brussel, sebagai salah satu siasat untuk mengatasi penyakit prostat.

Baca Juga ;
2. Hindari Duduk Terlalu Lama

Penderita penyakit prostat yang duduk terlalu lama juga dapat membuat penyakit tersebut semakin parah akibat adanya penekanan yang lama. Bagi Anda yang memiliki rutinitas kerja dengan posisi duduk yang lama, sebaiknya sering-sering meluangkan waktu untuk berdiri dan berjalan-jalan.

Baca juga Pengobatan kanker prostat Dengan Cara Yoga ini
Cara mengobati prostat secara alami ini terbukti memiliki khasiat, terutama jika dilakukan dengan teratur.

3. Makan Makanan Sehat

Cara pengobatan prostat berikutnya adalah dengan menghindari jenis makanan yang tidak sehat. Batasi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, seperti gorengan, daging merah, susu tinggi lemak, keju, dan sebagainya.

Untuk makan daging sapi atau ayam, sebaiknya Anda batasi dengan jumlah 90 gram saja dalam satu hari. Akan lebih baik jika Anda mengolah menu makanan dengan cara direbus sehingga konsumsi minyak dalam sehari dapat terkontrol.

Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol, karena dapat menyebabkan adanya iritasi di kandung kemih. Selain itu, alkohol juga dapat mempengaruhi sistem saraf dalam tubuh yang membuat otot-otot lemah sehingga air kencing sering kali tertahan dan tidak dapat keluar.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mungkin solusi sehat dan alami untuk penyakit prostat yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Sama halnya khasiatnya untuk berbagai penyakit lain, air putih juga memiliki peranan penting untuk penyembuhan penyakit prostat. Anda bisa mengonsumsinya antar 8 hingga 12 gelas setiap harinya.

5. Melakukan Ejakulasi Teratur

Penelitian berhasil memperoleh kesimpulan bahwa frekuensi ejakulasi yang sering merupakan salah satu cara mengatasi untuk prostat. Pria yang sering melakukan ejakulasi, terbukti dapat membuat saluran di dalam postat menjadi lebih lencar dan bebas dari sumbatan.

6. Memenuhi Kebutuhan Seng dalam Tubuh

Bagi penderita penyakit prostat sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan seng sebanyak 15 gram dalam sehari. Kandungan seng banyak ditemukan pada kerang, susu, biji-bijan, kacang-kacangan, serta padi-padian.

7. Menggunakan Pengobatan Herbal

Cara mencegah dan mengobati penyakit prostat juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai bahan herbal alami yang ada di sekitar Anda, seperti :

8. Daun Sirsak

Salah satu solusi alami menyembuhkan penyakit prostat adalah menggunakan air rebusan daun sirsak. Caranya sangatlah mudah. Pertama-tama, rebus daun sirsak secukupnya bersama 3 gelas air. Pastikan daun sirsak tersebut sudah Anda cuci bersih.

Rebus hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air dari hasil rebusan tersebut. Saring hasil rebusan tersebut dan minum airnya selagi hangat. Konsumsi secara rutin terbukti dapat menyembuhkan prostat secara alami.

Anda juga dapat mengonsumsi buah sirsak sebagai salah satu cara ampuh menyembuhkan prostat secara alami.

9. Buah Manggis

Menggunakan buah manggis sebagai salah satu cara mengobati prostat sangatlah mudah. Anda bisa mengonsumsi buahnya secara langsung tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu.

Makan secara teratur buah manggis tersebut, dengan interval 1 hingga 2 kali dalam sehari. Maka penyakit prostat Anda kemungkinan besar akan membaik.

10. Daun Pegagan

Sama halnya dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak, salah satu solusi sehat mengobati penyakit prostat ini juga dilakukan dengan cara merebusnya ke dalam 3 gelas air hingga mendidih. Bersihkan daun pegagan terlebih dahulu sebelum merebusnya.

Sisakan 1 gelas air rebusan daun pegagan, saring, dan minum selagi hangat. Silahkan Anda konsumsi daun pegagan sebanyak 2 hingga kali dalam satu minggu.

11. Bawang Putih

Mengobati penyakit prostat dengan daun putih dapat dilakukan dengan cara langsung dimakan atau dihaluskan dengan blender terlebih dahulu. Cara ampuh menyembuhkan prostat ini dapat Anda terapkan secara rutin, tentunya untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

12. Buah Delima

Anda bisa mengonsumsi buah delima dengan cara dimakan atau diolah menjadi minuman jus terlebih dahulu. Sesuaikan dengan selera sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan mudah. Konsumsi secara teratur terbukti dapat mengobati penyakit prostat dengan waktu yang singkat.

13. Daun Meniran

Pertama-tama, Anda harus mencuci daun meniran hingga bersih dan lanjutkan dengan merebusnya dalam 3 gelas air bersih. Setelah mendidih, tunggu hingga air hanya bersisa 1 gelas. Stelah itu, silahkan Anda saring dan minum airnya selagi hangat.

Cara alami mengobati prostat menggunakan daun meniran pada dasarnya hamir sama dengan daun sirsak dan daun pegagan. Konsumsi secara rutin terbukti dapat mengatasi penyakit prostat dengan cepat. 

14. Rumput Lidah Ular

Pengobatan alami penyakit prostat dengan rumput lidah ular juga dilakukan dengan merebus menggunakan air hingga mendidih. Saring airnya sebelum mengonsumsi dan minum selagi hangat.

15. Daun Dewa

Anda bisa rutin mengonsumsi air rebusan daun dewa untuk mencegah dan mengatasi penyakit prostat. Pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu sebelum merebusnya. Minum selagi hangat sebanyak 2 hingga 3 kali dalam 1 minggu.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan daun krokot sebagai solusi alami menyembuhkan prostat. Cara pengolahan dan konsumsi dan krokot pada dasarnya sama dengan daun dewa.

16. Mentimun

Pilihlah mentimun yang matang. Lalu blender dan saring buah mentimun yang telah dihaluskan tersebut. Lalu minum sebanyak 3 kali dalam sehari. Jus mentimun juga terbukti menjadi salah satu cara alami mengobati prostat yang ampuh.

17. Jahe

Bila dikonsumsi secara teratur, jahe dapat menghambat proses proliferasi sel-sel kanker dan dengan demikian membantu dalam mengobati kanker prostat secara alami. Jahe juga baik untuk pasien kanker prostat yang sedang menjalani kemoterapi. Jahe dapat membantu mengurangi efek samping dari kemoterapi seperti muntah dan mual. Cara membuat obat herbal kanker prostat dengan jahe sangat mudah, anda cukup merebus jahe, dan kemudian meminum air rebusan jahe tersebut secara rutin

18. Tomat

Selain sebagai bahan sayuran untuk memasak, tomat juga mengandung bahan aktif yang dikenal sebagai lycopene yang merupakan antioksidan yang kuat. Bahan ini bermanfaat untuk membantu dalam mencegah terjadinya penyebaran kanker prostat. Dengan makan tomat secara rutin, baik itu tomat mentah maupun tomat olahan, maka dapat membantu proses penyembuhan kanker prostat yang anda derita.

19. Delima

Penelitian ilmiah telah membuktikan fakta bahwa delima memiliki khasiat dan manfaat untuk membantu dalam menyembuhkan kanker prostat secara alami. Selain itu, mengkonsumsi delima juga bermanfaat untuk melakukan pencegahan kanker sejak dini. Buah delima bermanfaat untuk memperlambat dan menghambat proses penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh. Bagi penderita kanker prostat, disarankan untuk mengkonsumsi buah delima secara rutin guna membantu upaya pengobatan kanker prostat secara alami tanpa operasi.

Sekian dari kami semoga dapat membanti mengatasi penyakit anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »