Sesunggunya Malaikat Tidak Akan Masuk Kerumah Yang Ada Anjing dan Gambar

Subhanallah, sungguh kita telah melanggar yang telah Rasulullah SAW perintahkan pada kita, tanpa memikirkan apa yang telah kita perbuat pedahal suatu hal yang siksanya lebih keras pada hari kiamat. sekarang banyak umat Rasulullah SAW memelihara anjing dan tidak ada rumah yang tidak ada gambar, Subhanallah. Ketahuilah wahai manusia, sesungguhnya memakai sesuatu yang yang bergambar hewan, baik itu baju, surban, kain yang dipajang atau selainnya adalah hukumnya haram.


Dalam Hadits, Abu Thalhah meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda : "Malaikat tidak akan masuk kedalam rumah yang didalamnya ada anjing dan (atau) gambar patung" (HR Bukhari dan Muslim.

Ketika Busr bin Sa'id dan Ubaidullah Al-Khaulani berada di rumah maimunah, Istri nabi, Zaid bin Khalid bercerita kepada keduanya bahwa abu thalhah menuturkan kepadanya Rasulullah SAW bersabda , "Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang didalamnya ada gambar."

Busr berkata, "Suatu ketika, Zaid bin Khalid jatuh sakit lalu kami menjenguknya. ternyata, didalam rumah banyak gambar-gambar. Aku pun berkata kepada abaidullah Al-khaulani, 'bukankah beliau pernah bercerita kepada tentang masalah gambar.?' Ubaidullah berkata, 'Sungguh, beliau bersabda, 'kecuali gambar (corak warna) pada pakaian.' Bukankah kamu pernah mendengarnya.? Aku jawab. 'Belum.' Dia berkata, 'Ya, beliau pernah mengatakannya.'" (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam Hadits, Aisyah berkata, "Rasullah SAW kembali dari bepergian. Waktu itu, aku telah membuat pembatas (satir) dari kain yang bergambar dalam ruanganku. Ketika Rasulullah SAW melihatnya, beliau langsung memotongnya sambil bersabda, 'Sesunggunya orang-orang yang paling keras siksanya pada hari kiamat adalah orang-orang yang membuat sesuatu yang menyamai ciptaan Allah.'"
Aisyah melanjutkan, "Kemudian saya membutnya menjadi satu bantal atau dua bantal.'" (HR Bukhari dan Muslim).

Aisyah Ummul Mukminin menggambarkan bahwa ia telah membeli bantal yang ada gambarnya. Ketika Rasulullah SAW melihatnya, beliau berdiri di pintu dan tidak masuk kedalam rumah. Maka aku mengerti betapa dari wajah beliau tampak ketidak sukaan.
Aku berkata, "Wahai Rasulullah, Aku bertaubat kepada Allah dan Rasul Nya. Dosa apa yang aku perbuat.?"
Rasulullah SAW pun berkata, "Mengapa bantal ini ada disini?"
"Aku membelinya untukmu," agar engkat dapat duduk dan bersandar diatasnya," jawabku.
Rasulullah SAW pun bersabda, "Sesungguhnya orang yang membuat gambar ini akan disiksa pada hari kiamat dan akan dikatakan kepada mereka, 'Hidupkanlah apa yang telah kalian ciptakan.'"
Beliau juga bersabda, "Sesungguhnya rumah yang berisi gambar-gambar tidak akan dimasuki malaikat." (HR Bukhari dan Muslim)
Subhanallah, Wallahu A'lam.

Like dan Share jik bermanfaat.
Nantikan Artikel selanjutnya..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »