Mahar Boleh Berupa Pengajaran Al-Qur'an dan Cincin Besi; Sunnahnya Lima Dirham

Jaman sekarang tidak sama dengan jaman dahulu Masa Rasulullah SAW, jaman sekarang meminang wanita harus memiliki mahar berupa emas. Coba kita bandingkan dengan jaman dahulu masa Rasulullah SAW, meminang wanita hanya dengan hafalan Al-qur'an dan besi. Subhanallah, sungguh mulia dan jauh berbeda dengan jaman sekarang.



Sahl bin Saad As-Sa'idi berkata, "Seorang wanita datang menemui Rasulullah SAW dan berkata, 'Wahai Rasulullah, Aku datang untuk menhibahkan diriku untuk anda.' Rasulullah SAW lalu memandangi wanita itu, beliau arahkan pandangannya keatas dan kebawah lalu beliau menundukkan kepalanya. ketika wanita itu melihat bahwa Rasulullah SAW tidak memberi keputusan apa-apa terkait dengan dirinya, ia pun duduk.

Tiba-tiba salah seorang sahabat berdiri dan berkata, 'Wahai Rasulullah, jika Anda tidak berhasrat kepada wanita itu maka nikahlah aku dengannya.' Beliau pun bertanya, ' Apakah kamu mempunyai sesuatu (untuk dijadikan mahar)?' Sahabat itu menjawab, "Tidak, demi Allah, wahai Rasulullah.' Beliau bersabda, 'pulanglah kepada keluargamu, dan lihatlah aa sesuatu (yang bisa dijadikan mahar).'

Laki-laki itu pun pergi dan kembali seraya berkata, "tidak, demi Allah wahai Rasulullah, aku  tidak mempunyai apa-apa.' Beliau bersabda, lihatlah lagi, meski yang ada hanya sebuah cincin dari besi.' Laki-laki itu pergi kemudian kembali dan berkata, 'Tidak demi Allah wahai Rasulullah, meski hanya cinci besi. Akan tetapi, aku punya kain ini.'  (Salh berkata : Ia tidak memiliki kain kecuali setengah.')

Maka Rasulullah SAW bersabda. 'Apa yang dapat kamu lalukan dengan kainmu itu. Jika kamu memakainya, ia tidak dapat bagian. Dan jika ia memakainya, kamu tidak dapat bagian.' Akhirnya laki-laki itu duduk hingga lama, lalu ia beranjak. Ketika Rasulullah SWA melihatnya hendak pulang, beliau  memerintahkan seseorang untuk memanggilnya. 

Ketika laki-laki itu datang, beliau bertanya, 'Kamu mempunyanyai hafalan Al-qur'an.? Ia menjawab, ya, surat ini, ini, dan ini.' Ia menyebutkan satu persatu. Beliau beryanya, 'Kamu menhafalnya dengan baik.? Laki laki itu menjawab. 'Ya.' Akhirnya beliau bersabda, 'Bawalah wanita itu, aku telah menikahkanmu denanna dengan mahar hafalan Al-qur'anmu.'" (HR Bukhari dan Muslim).

Subhanallah..
Like dan Share jika bermanfaat..
Nantikan Artikel selanjutnya..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »