Larangan Menyambung Rambut, Menato, Mencukur Alis, dan Merenggangkan Gigi


Asma' berkata, Seorang wanita bertanya kepada Nabi Muhammad Saw. Wahai Rasulullah, Sesungguhnya putiku menderita penyakit gatal (cacar) hingga rambutnya rontok, sementara saya hendak menikahinya, apakah saya boleh menyambung rambutnya?. Beliau Bersabda. "Sesungguhnya Allah melaknat orang yang menyambung rambutnya dan yang minta disambung." (HR Bukhai dan Muslim).

Aisyah meriwayatkan bahwa seorang wanita Ashar menikahkan anak perempuannya, lalu rambut anak itu rantok. Maka wanita itu pun segera mendatangi Nabi dan mengadukan hal hal itu. Ia berkata, "Suaminya menyuruh saya untuk menyembung rambutnya." Beliau pun bersabda, "Jangan! Sesungguhnya Allah telah melaknat Al-Muwashilat (Para wanita yang menyambut rambutnya)." (HR Bukhari dan Muslim).

Abdullah bin Ma'ud berkata, "Semoga Allah melaknati Al-Wasyimat (wanita yang menato), Al-Mutawatasyimat (wanita yang meminta untuk ditato), Al-Mutanammishat (wanita yang mencukur alisnya), serta Al-Mutafallijat (merenggangkan gigi) untuk keindahan, yang mereka mengubah-ubah ciptaan Allah."

Kemudian ungkapan itu sampai kepada seorang wanita dari bani asad yang biasa dipanggil ummu ya'qub, lalu wanita itupun datang dan berkata, "Telah datang berita padaku dikau lelah melaknat yang ini dan yang itu." Abdullah berkata, "Mengapakah aku tidak melaknat mereka yang dilaknat oleh Rasulullah Saw. dan mereka yang terdapat di dalam kitabullah?" Kemudian wanita itu berkata, "Sungguh aku telah membaca diantara kedua lembarnya namun didalamnya aku tidak mendapati apa yang telah engkau katakan."

Abdullah menjelaskan, "Sikiranya engkau membacanya secara keseluruhan, niscaya engkau akan menemukannya. Bukankah Allah telah befirman. "Apa yang dibawa Rasul untuk kalian maka ambillah, sedangkan apa yang dilarangnya maka tinggalkanlah. "' (Al-Hasyr: 7). Wanita itu menjawab, "Ya, Benar."

Abdullah melanjutkan, "Sesungguhnya beliau telah melarang hal itu." wanita itu kembali berkata, "Tetapi, aku menduga kuat bahwa istrimu sendiri melakukan hal itu." Abdullah berkata, "Kalau itu anggapanm, u pergilah dan lihatlah." lalu wanita itupun pergi untuk melihatnya, namun tidah meraih kebenaran dugaanya sedikitpun. Kemudian Abdullah pun berkata, "Sekiranya istriku seperti itu, niscaya aku tidak akan mencapurinya." (HR Bukhari dan Muslim).

Hadits Mu'awiyah. Humaid bid Absurrahman pernah mendengar Mu'awiyah bin  Abu Sufyan pada tahun haji (akhir masa pemerintahannya) berdiri diatas mimbar sambil memegang jambul rambut yang diambil dari tangan pengawalnya. Ia berkata, "Wahai penduduk Madinah, Mana ulama kalian? Aku mendengar Nabi Muhammad Saw. melarang hal semacam ini dan beliau bersabda, "Sesungguhnya bani israil binasa karena para wanita mereka yang melakukan itu.'" (HR Bukhari an Muslim).

Sekian dan terimakasih,  semoga  bisa menjadi pelajaran bagi si penulis dan pembaca.
Like dan share jika bermanfaat.
Nantikan Artikel selanjutnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »