Sifat-sifat perempuan yang baik

Sebaiknya menjadi perhatian bahwa tidak semua dapat mengatur rumah tangga dan tidak semua orang dapat diserahi kepercayaan mutlak, sebagai teman karib yang akan saling membela untuk selama-lamanya. Maka sebelum kita mengutarakan maksud yang terkandung di hati, sebaiknya kita selidiki lebih dahulu, akan terdapat persesuaian paham atau tidakkah kelak setelah bergaul. Nabi Muhammad SAW. Telah memberi petunjuk tentang sifat-sifat perempuan yang baik, yaitu :
1. Yang beragama dan menjalankannya.
2. Keturunan orang yang subur (mempunyai keturunan yang sehat)
3. Yang masih perawan.

Sabda Rasulullah SAW, yang bunyinya:
Dari jabir, "Sesungguhnya Nabi SAW. Telah bersabda, "Sesungguhnya perempuan itu dinikahi orang karena agamanya, hartanya, dan kecantikannya; maka pilihlah yang beragama'." (Riwayat Muslim dan Tirmizi).

Dari Ma'qal bin Yasar. Ia berkata, "Seorang laki laki telah datang kepada Rasulullah, kata laki laki itu, 'Saya telah seorang perempuan yang bangsawan yang cantik, hanya dia tidak beranak. Baiklah saya kawin denagn dia?' Jawab Nabi, 'Jangan!' Kemudian laki laki itu datang untuk kedua kalinya. Beliau tetap melarang. Kemudian pada yang ketiga kalinya laki laki itu datang pula. Nabi Bersabda, "Kawinlah dengan orang yang dikasihi lagi subur'." (Riwayat Abu Dawud dan Nasai)

Dari Jabir, Sesungguhnya Nabi Saw. Telah menyatakan kepadanya. Sabda beliau, "Hai Jabir, engkau kawin dengan perawan ataukah dengan janda?" Jawab Jabir,  "Saya kawin dengan janda." Sabda Nabi. "Alangkah baiknya jika engkau kawin dengan perawan; engkau dapat menjadi hiburannya, dan diapun menjadi hiburan bagimu." (Riwayat Jamaah ahli hadits)

Like dan share jika bermanfaat.
Nantikan Artikel selanjutnya..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »