Manfaat daun kelor dan cara mengolahnya

Oke. kali ini saya akan membahas manfaat daun kelor, daun kelor ini tidak asing di kalangan masyarakat indonesia apalagi aceh. dau kelor ini sudah terbukti ampuh mengobati berbagai macam penyakit, baik saya tidak basa basi lagi, lansung saja kita bahas apa saja manfaatnya.



1. Dapat Mengobati Sariawan
Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan vitamin yan sangat ampuh dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. 
Cara mengolahnya :
Cukup anda masak sebagai lauk makanan anda.
2. Dapat Menjaga Kesehatan Otak
Daun kelor kaya akan kandungan potasium. Menurut penelitian, potasium merupakan zat yang mampu memelihara kesehatan otak dan saraf sehingga keadaan keduanya dapat dikontrol kesehatannya. karena itulah, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan saraf dan otak konsumsilah daun kelor entah dalam bentuk sayur atau dalam bentuk olahan makanan yang lain.

Sidikit kita bahas manfaat Potasium

Potasium adalah mineral yang punya banyak manfaat bagi tubuh Anda. Menurut dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., dokter spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, potasium atau kalium adalah suatu jenis ion bermuatan positif. Elektrolit ini terutama terdapat di dalam sel (jumlah potasium dibanding natrium dalam sel adalah 10 : 1, sedangkan di luar sel 1 : 28).

Manfaat Besar
  • Potasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lain.
  • Potasium juga terbukti membantu menurunkan tekanan darah, berperan dalam fungsi kejut saraf (sebuah respons otomatis terhadap rangsangan), dan kontraksi otot.
  • Potasium membantu mengurangi rasa sakit pada otot karena latihan atau olahraga. Dan Anda harus tahu bahwa kekurangan kadar potasium dalam tubuh bisa mengakibatkan penurunan kekuatan, dan gampang merasa lelah saat baru mulai berolahraga.
Manfaat lain: 
  • Mempertahankan, menjaga, dan memelihara keseimbangan cairan, elektrolit, dan asam basa.
  • Mengatur aktivitas neuromuskuler, yaitu transmisi saraf dan kontraksi relaksasi otot termasuk otot jantung.
  • Jumlah potasium dalam otot memengaruhi massa otot dan simpanan glikogen. Jadi bila otot dalam masa pembentukan maka asupan potasium yang tepat memegang peranan penting. 
  • Berperan dalam pertumbuhan sel.
  • Merupakan katalisator dalam metabolisme energi, sintesa protein, dan glikogen.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Mata
Daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga dapat pencegahan penyakit mata. Bahkan, vitamin A dalam daun kelor juga mampu mencegah penyakit lain seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, penyakit jantung dan lain-lain.
4. Dapat Mencegah Osteoporosis
Kelor adalah tanaman dengan daun yang memiliki banyak kalsium. Kalsium inilah yang kemudian akan membuat tulang menjadi kuat dan mencegah terjadinya keropos tulang. Bahkan penelitian menyebtkan bahwa kalsium yang terkandung dalam daun kelor jumlahnya lebih banyak dibanding kalsium yang ada pada susu. bahkan di negara lain daun ini digunakan sebagai obat diabetes dan mengobati tekanan darah tinggi.
5. Dapat Mengatasi Pegal Linu
Dalam daun kelor, terdapat kandungan bernama pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks.
Cara pengobatan :

Dengan cara menghaluskannya kemudian membalutkannya diatas kulit bagian tubuh anda yang terasa pegal. Diamkan agar kandungan dalam daun kelor meresap. Tandanya adalah ketika anda sudah mulai merasa hangat. Jika sudah begitu, nikmati terlebih dahulu kemudian anda dapat membersihkannya setelah setengah atau satu jam setelah daun tadi bereaksi.
6. Dapat Mengatasi Kulit Kering
Daun ini juga mengandung vitamin B2. Vitamin B2 merupakan vitamin yang mampu menjaga kelembapan kulit. Karena itulah, orang yang kekurangan vitamin B2 kulitnya akan kering bahkan hingga pecah-pecah. Oleh sabab, konsumsilah daun kelor secara rutin.

Selamat mencoba.. jgn lupa share.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »