Manfaat daun kumis kucing dan cara olah part 5


Manfaat daun kumis kucing dan cara olah part 4
Selain dikenal dengan nama Kumis Kucing, tanaman ini juga ada yang menyebutnya dengan nama , giri-giri marah, kidney tea plants, java tea, Kumis kucing, Mamang besar (Indonesia); Kutun, mamam, bunga  laba-laba (Jawa); Mao Xu Cao (Cina). Remujung (Jawa), songot koceng (Madura), remukjung, kumis ucing (Sunda), sesalaseyan, Orthosiphon stamineus, sinonim orthosiphon aristatus (Latin), Cat’s whiskers (Inggris), javaten, India kidney tea (Inggris), balbas-pusa, kabling gubat(Tagalog), mao xu cao (China).



Daun tunggal, bundar telur lonjong, lanset atau belah ketupat, berbulu halus, pinggir bergerigi kasar tak teratur, kedua permukaan berbintik-bintik karena ada kelenjar minyak atsiri.
Bunga berupa tandan yang keluar di ujung cabang, wama ungu pucat atau putih (ada yang warna biru dan putih), benang sari lebih panjang dari tabung bunga. Buah geluk wama coklat gelap. Tumbuah di dataran rendah dan daerah ketinggian sedang.
Kumis Kucing Mengobati Asam urat

Asam urat adalah sejenis penyakit yang menyerang bagian persendian terutama sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Penyakit ini terjadi karena adanya konsumsi zat purin yang berlebihan.  Jika kadar asam urat dalam tubuh kita berlebih, ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Hal ini mengakibatkan sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Adapun gejala asam urat diantaranya :

Timbulnya rasa sakit/ nyeri pada bagian persendian
Sendi terasa ngilu
Kemerahan pada sendi
Gejala ini biasa terjadi saat kita bangun pagi.

Adapun cara tradisional yang dapat mengobati asam urat antara lain adalah :

Ambil 4 s/d 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar
1 gelas air putih
Rebus semua bahan tersebut hingga air hanya tinggal ½ gelas saja.
Minum ramuan tersebut setidaknya 3 kali sehari.Lanjut baca part 6

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »