Manfaat daun kumis kucing dan cara olah part 8

Selain dikenal dengan nama Kumis Kucing, tanaman ini juga ada yang menyebutnya dengan nama , giri-giri marah, kidney tea plants, java tea, Kumis kucing, Mamang besar (Indonesia); Kutun, mamam, bunga  laba-laba (Jawa); Mao Xu Cao (Cina). Remujung (Jawa), songot koceng (Madura), remukjung, kumis ucing (Sunda), sesalaseyan, Orthosiphon stamineus, sinonim orthosiphon aristatus (Latin), Cat’s whiskers (Inggris), javaten, India kidney tea (Inggris), balbas-pusa, kabling gubat(Tagalog), mao xu cao (China).



Daun tunggal, bundar telur lonjong, lanset atau belah ketupat, berbulu halus, pinggir bergerigi kasar tak teratur, kedua permukaan berbintik-bintik karena ada kelenjar minyak atsiri.
Bunga berupa tandan yang keluar di ujung cabang, wama ungu pucat atau putih (ada yang warna biru dan putih), benang sari lebih panjang dari tabung bunga. Buah geluk wama coklat gelap. Tumbuah di dataran rendah dan daerah ketinggian sedang.

Daun Kumis Kucing Mengobati sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernakan, dimana terjadi pengerasan tinja yang mengakibatkan sulitnya buang air besar.

Penyebabnya antara lain, kurangnya konsumsi makanan berserat, kebiasaan buang air besar yang tidak teratur, kebiasaan menggunakan obat pencahar, perubahan hormon, serta buruknya pola makan.

Gejala Sembelit

Adapun gejala sembelit diantaranya :

Sulit dan merasa sakit saat buang air besar
Kram pada otot perut
Sering buang gas atau kentut
Nafsu makan menghilang
Mual
Vertigo
Perut terasa berat
Cara mengatasi sembelit

Banyak konsumsi makanan berserat
Perbanyak minum air putih
Olahraga teratur
Perbanyak makan buah-buahan
Rebus beberapa lembar daun kumis kucing dengan segelas air hingga mendidih. Setelah dingin, minum ramuan tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »