Manfaat Daun Pepaya dan mengolahnya


Siapa yang tidak kenal dengan daun pepaya, daun ini medah kit temukan di mana-mana, tanaman ini bukan hanya buahnya saja dapat kita konsumsi tetapi daunnya juga, nah mari kita bahas apa saja manfaat dari daun pepaya.



sebelum kita lanjutkan apa mari kita tengok apa saja yang terkandung pada daun pepaya. Daun pepaya mempunyai kandungan gizi yang beragam, perhatikan table berikut :

Kandungan
Jumlah/100 gram
Vitamin A
18250 SI
Vitamin B
0,15 miligram
Vitamin C
140 miligram
Kalori
79 kal
Protein
8,0 gram
Lemak
2,0 gram
Karbohidrat
11,9 gram
Kalsium
353 miligram
Air
75,4 gram


Selain itu, daun pepaya juga mengandung carposide yang bermanfaat untuk mengobati cacingan. Tidak hanya daunnya saja, hampir seluruh bagian dari pohon pepaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.

Jadi sudah tau ken apa saja yang terkansung dalam daun pepaya, mari kita lanjutkan ke manfaat rebusan daun pepaya.


1. Dapat Mengobati Demam Berdarah
Gejala dari penyakit ini adalah timbulnya bintik – bintik merah, sering muntah dan rasa sakit di persendian. Dan dianjurkan untuk segera membawa ke rumah sakit. Namun, penyakit ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun pepaya dan cara ini sudah terbukti akan manfaatnya. 

Cara mengolahnya cukup mudah, pertama – tama siapkan daun pepaya secukupnya kemudian rebus dengan tiga gelas air putih sampai tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan tersebut dan minum.

2. Dapat Meredakan Sakit karena Haid
Haid tidak asing lagi di kalangan kaum wanita, Rasa nyeri dari haid dikarenakan luruhnya dinding rahim dan keluarnya  berupa darah, sehingga mengakibatkan sering marah2 karena rasa nyeri dan rasa sakit tersebut, Untuk menghilangkan rasa sakit karena haid dapat di atasi dengan meminum air rebusan daun pepaya. 

Caranya cukup mudah dengan merebus satu lembar daun pepaya ditambah dengan garam dan asam jawa sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan dari semua bahan tadi secara teratur sampai sakitnya reda.

3. Dapat Mengobati Hipertensi
Hipertensi merupakan penyakit tensi atau tekanan darah pada manusia meningkat. Penderita hipertensi ditandai dengan rasa pusing di kepala dan terasa seperti di pukul menggunakan palu. 

Cara mengatasi hanya dengan air rebusan daun pepaya yang ditambah dengan madu murni dan diminum dalam keadaan hangat. 

4. Dapat Kekurangan Nutrisi pada Balita
Kekuranga Nutrisi sangat berbahaya pada belita, karena dengan kekurangan nutrisi pada berita akan mengakibatkan penurunan IQ anak, daya tubuh turun, dan mengganggu pertumbuhan anak. 

Ciri belita kekurangan nutrisi yaitu perutnya yang sudh buncit.

Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan daun pepaya dengan cara direbus dengan 1 ½  gelas air sampai mendidih. Saring dan minumkan dua sendok makan rutin setiap hari pada balita yang mengalami kekurangan gizi.

Selamat mencoba...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »